Sekolah Kedinasan Indonesia Yang Bisa Dijadikan Pilihan

Spread the love

Setelah lulus di SMA, atau SMK, apa yang selanjutnya ingin kamu lakukan? Apakah mencoba masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN, atau SBMPTN? Ingin langsung terjun ke dunia kerja, terutama jika Anda lulusan SMK? Atau ingin mencoba untuk masuk ke sekolah kedinasan yang ada di Indonesia? Banyak jalur yang terbuka setelah kamu lulus dari sekolah putih abu-abu.

Pilihan ada di tangan kalian, apakah Anda ingin mencoba untuk pergi ke jalur sekolah kedinasan yang merupakan jalur sekolah favorit. Sekolah kedinasan memang bisa dibilang salah satu jalur sekolah tinggi paling favorit di Indonesia, dikarenakan lulusannya bisa dipastikan langsung bekerja di bawah kedinasan pemerintah Indonesia, jadi bisa dipastikan Sekolah kedinasan memiliki kredibilitas yang tinggi.

Salah satu yang menjadi tantangan untuk masuk ke sekolah kedinasan adalah persaingan yang amat sengit. Untuk bisa masuk ke dalam sekolah kedinasan, tidak mudah, karena Anda akan bersaing dengan ribuan, puluh ribuan pesaing dari seluruh Indonesia untuk bisa masuk ke dalam kuota murid sekolah kedinasan yang terbatas.

Pilihan Sekolah Kedinasan yang Populer di Tahun 2022

Ada berbagai pilihan sekolah kedinasan yang menjadi populer setiap tahunnya. Tiap tahunnya, ada ribuan lebih yang mencoba untuk masuk ikut tes sekolah kedinasan, karena itulah tidak mudah untuk bisa masuk ke salah satunya.

Jika Anda masih bingung dalam memilih sekolah tinggi kedinasan yang ingin Anda coba, berikut ini adalah berbagai sekolah kedinasan yang populer di tahun 2022, Perlu Anda ketahui, semakin populer sekolah kedinasan tersebut, semakin banyak orang yang mengetahuinya, alhasil persaingan akan semakin ketat untuk bisa mengamankan bangku perkuliahan di sekolah kedinasan.

  1. PKN-STAN

PKN-STAN ( Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah salah satu sekolah tinggi kedinasan yang paling populer, selain itu juga terbilang memiliki puluhan ribu pesaing yang mendaftar di dalamnya. PKN-STAN memang merupakan salah satu pilihan sekolah tinggi yang populer, dikarenakan oleh sekolah tinggi yang di naungi oleh Kementerian Keuangan Indonesia.

PKN-STAN ini menerapkan sistem lulusannya langsung menjadi CPNS, yang artinya setelah lulus Anda tidak perlu mencari pekerjaan lagi, dan langsung mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan.

  1. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistika)

Sekolah tinggi ilmu statistika negara, juga salah satu sekolah tinggi yang cukup populer, selain dari PKN-STAN. STIS ini dinaungi oleh badan pusat statistika, dan menaungi prodi D3 dan D4 untuk Statistika, ditambah ada juga D4 Komputasi Statistik. Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Statistika ini berada di Jakarta Timur, tepatnya di lokasi Bidara Cina.

Seleksi dari Sekolah tinggi STIS ini memang salah satu yang memiliki persaingan yang berat, tentu saja dikarenakan oleh lulusannya yang sudah dipastikan menjadi calon Aparatur Sipil Negara. Lulusan dari STIS ini akan bekerja di bawah naungan Kementerian Negara, lembaga, dan instansi lainnya yang membutuhkan perhitungan statistika.

  1. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

IPDN, Institut pemerintahan dalam negeri, adalah sekolah tinggi kedinasan yang memberikan siswanya ilmu dalam pemerintahan dalam negeri. Lulusan dari IPDN akan langsung terjun ke dalam pemerintahan dalam negeri, menjadi pejabat, dan aparatur sipil negara, dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga pemerintah pusat.

Kampus IPDN ini salah satu kampus ternama, jadi untuk kuota masuk siswanya sangatlah sedikit, melalui jalur prestasi, dan jalur tes.

  1. Poltek SSN

Poltek SSN yang dinaungi oleh Badan Siber, Sandi Negara. Politeknik ini memiliki program studi rekayasa keamanan cyber, Rekayasa kriptografi, serta rekayasa perangkat keras kriptografi. Kampus dari Sekolah Sandi Negara ini berletak di Ciseeng, kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sekolah sandi negara ini mungkin tidak seterkenal PKN-STAN, tetapi belakangan ini, menjadi semakin terkenal, dan lulusannya yang semakin dibutuhkan untuk era digital ini.

  1. Poltekip Kementerian Hukum & HAM

Poltekip, atau Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, adalah sebuah sekolah tinggi yang dinaungi oleh Kementerian Hukum dan HAM. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah tinggi dengan proses seleksi calon taruna yang cukup ketat, dan penuh dengan persaingan.

Calon taruna dari Poltekip harus siap bersedia untuk ditempatkan di seluruh Indonesia, sebagai Unit Pelaksana Teknis untuk keperluan pemasyarakatan dan juga Imigrasi di seluruh daerah Indonesia. Karier sudah pasti terjamin ketika Anda sudah menjadi seorang taruna dari Poltekip, Kementerian Hukum dan Ham.

  1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia

Politeknik Transportasi Darat Indonesia, sebuah sekolah tinggi yang berfokus terhadap pengembangan transportasi darat, teknik keselamatan jalan, dan teknik perkeretaapian. Politeknik Transportasi Darat Indonesia mulai menjadi cukup terkenal di akhir tahun 2022, dan menjadi semakin banyak persaingan untuk seleksi calon taruna.

Itulah dia 6 pilihan sekolah tinggi kedinasan yang cukup populer di tahun 2022. Jika Anda ingin mendaftar menjadi calon taruna atau calon mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan, maka semoga beruntung, dan berusaha keras untuk mendapatkannya.