Macam-Macam Sekolah Kedinasan Dan Cara Daftarnya

Spread the love

Sejak dulu lulusan SMA atau sederajat biasanya akan sangat tertarik untuk melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi mereka ke sekolah kedinasan. Bagaimana tidak, siswa di sekolah kedinasan akan mendapatkan keuntungan berupa biaya kuliah yang gratis dan juga mempunyai kemungkinan yang tinggi untuk jadi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS secara langsung setelah menyelesaikan masa pendidikan, tanpa melewati proses apa pun lagi. Hanya saja Anda memang perlu berjuang keras di awal, dan untuk bisa melewati tahapan awal, Anda bisa memanfaatkan jasa bimbel STAN.

Sebagai contoh, sebagai seorang lulusan dari Program Studi Diploma IV PKN di STAN, Anda tak hanya bisa diangkat sebagai CPNS di bagian Kementerian Keuangan saja, tapi juga bisa di lembaga atau Kementerian yang lain seperti di Pemerintahan Daerah yang memang tersedia suatu posisi yang masih kosong di tahun yang sedang berjalan. Anda bisa mulai mencari tahu mengenai pendaftaran dan tahapan seleksinya supaya Anda bisa segera mempersiapkan diri di samping mengikuti bimbel STAN.

Kuota dari Tiap Instansi

Mohon untuk dicatat, bahwa Anda hanya bisa mendaftarkan diri ke satu jurusan saja yang tersedia di daftar sekolah yang Anda tuju. Ada total 8 lembaga atau instansi serta 30 sekolah kedinasan yang bisa dipilih :

  1. BIN (Badan Intelijen Negara) : STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) terdapat formasi hingga 300 lowongan.
  2. BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) : STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) terdapat formasi hingga 250 lowongan.
  3. BPS (Badan Pusat Statistik) : STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistika) terdapat formasi hingga 500 lowongan.
  4. BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) : Poltek SSN (Politeknik Siber dan Sandi Negara) terdapat formasi hingga 100 lowongan.
  5. Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) ; IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) terdapat formasi hingga 1.230 kuota.
  6. Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM) : Poltekim (Politeknik Imigrasi) terdapat formasi hingga 300 lowongan dan Poltekip (Politeknik Ilmu Permasyarakatan) terdapat formasi hingga 300 lowongan.
  7. Kemenkeu (Kementerian Keuangan) : PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN) terdapat formasi hingga 750 lowongan.
  8. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan formasi sebanyak 3.350 kuota. – Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)

Langkah untuk Mendaftar ke Sekolah Kedinasan

Berikut ini adalah tata cara pendaftaran ke Sekolah Kedinasan di tahun 2022 :

  1. Para calon peserta wajib masuk portal dari SSCASN di website : https://sscasn.bkn.go.id
  2. Mulai untuk membuat akun SSCN untuk Sekolah Kedinasan kemudian cetak kartu yang berisi informasi akun Anda
  3. Setelah mendaftar dan diverifikasi lalu log in masuk SSCN untuk Sekolah Kedinasan dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan input password yang telah didaftarkan
  4. Upload foto selfie Anda, memilih sekolah kedinasan sesuai minat Anda, melengkapi transkrip nilai atau rapor kemudian upload berkas Anda
  5. Pastikan bahwa data yang telah Anda masukkan sudah benar dan sesuai, baru setelah itu cetak Kartu Pendaftaran supaya bisa melanjutkan prosesnya
  6. Verifikator dari instansi yang Anda tuju akan melakukan verifikasi data dan juga berkas para peserta
  7. Anda kan diminta untuk log in ke portal SSCN supaya bisa melihat status apakah tahap administrasi Anda lolos
  8. Setelah dinyatakan lulus tahapan administrasi kemudian akan diberikan kode billing untuk digunakan sebagai akun pembayaran di tiap sekolah kedinasan yang berbeda-beda
  9. Kartu Ujian akan bisa dicetak setelah panitia menerima pembayaran yang Anda lakukan
  10. Anda harus menjalankan setiap proses dan tahapan seleksi yang sudah ditentukan oleh setiap instansi yang berkaitan
  11. Setelah menjalani semua itu, maka Anda hanya tinggal menunggu pengumuman mengenai hasil seleksi untuk sekolah kedinasan yang Anda tuju yang akan ditampilkan di laman SSCASN DIKDIN

Mendaftarkan Diri ke Akun SSCASN

Supaya calon peserta didik bisa mendaftar ke sekolah kedinasan di tahun 2022, peserta wajib mendaftar akun SSCASN untuk sekolah kedinasan menggunakan NIK yang telah divalidasi oleh Dukcapil. Supaya Anda bisa mempersiapkan diri, manfaatkan jasa bimbel STAN Menurut Buku Petunjuk Masuk Sekolah Kedinasan Tahun 2022, berikut adalah langkah yang mesti dilakukan untuk mendaftar akun SSCASN untuk Sekolah Kedinasan:

  1. Pilih menu Registrasi/ Daftar yang ada di web dikdin.bkn.go.id.
  2. Ketikan NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  3. Ketikan Nomor KK (Kartu Keluarga) atau NIK dari Kepala Keluarga yang tertulis dalam Kartu Keluarga.
  • Perhatian: Jika ada masalah pada tahapan input nomor NIK dan nomor KK, maka segera laporkan Dukcapil wilayah Anda dan bukan ke instansi tujuan. Anda juga perlu membawa kelengkapan lain sebagai data pendukung supaya prosesnya bisa lebih cepat dikerjakan.
  1. Masukan nama Anda secara lengkap sesuai dengan KTP.
  2. Lalu isi tempat tanggal lahir Anda sesuai dengan KTP.
  3. Kemudian isi keterangan Kabupaten/ Kota sesuai dengan KTP.
  4. Ketikan kode captcha yang ditampilkan di web.
  5. Jika semua data sudah dimasukkan, maka klik Lanjutkan. Jika semua data yang diisi sudah sesuai dan tidak ada masalah kemudian akan ditampilkan dalam form pendaftaran untuk akun di SSCASN untuk Sekolah Kedinasan. Anda juga bisa memastikan kembali isi formnya apakah sudah benar-benar sesuai.
  6. Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melengkapi data pribadi dalam form secara benar dan sesuai ketentuan yang terdapat di lembar form. Data-data yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :
  • Alamat yang sesuai dengan KTP
  • Tempat lahir Anda sesuai yang tertera di ijazah
  • Tanggal lahir Anda sesuai yang tertera di ijazah
  • Jenis kelamin Anda
  • Alamat email
  • Buat password yang aman namun mudah diingat. Anda perlu mencatatnya dan simpan di pengaturan laptop atau ponsel Anda karena kemudian akan digunakan untuk log in ke laman
  • Mengkonfirmasi password
  • Memilih pertanyaan pengamanan 1 – Memutuskan jawaban pengaman
  • Memilih pertanyaan pengamanan 2 – Memutuskan jawaban pengaman
  • Mengetikan kode captcha yang ada di laman
  1. Pastikan Anda sudah memiliki pas foto dengan ukuran minimal 120kb dan paling besar ukuran 200kb dengan latar belakang berwarna merah dan formatnya JPG.
  2. Anda harus menelitinya lagi dan memastikan bahwa data d=sudah diisi secara lengkap dan benar.
  3. Pilih menu “Lanjutkan”
  4. Seperti biasa, Anda harus mengecek kembali semua data yang sudah Anda masukkan ke dalam akun SSCASN Anda. Anda masih bisa memperbaikinya jika ada data yang perlu dikoreksi, dan jika sudah dipastikan kembali, Anda bisa pilih menu Proses Pendaftaran Akun. Jika semua prosesnya benar dan lancar, maka akan muncul pemberitahuan di laman bahwa pendaftaran sudah berhasil.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, dan jika Anda ingin melakukan persiapan yang matang untuk menghadapinya, Anda bisa menggunakan jasa bimbel STAN.